TRIP DAY 2 & 3, SEMARANG (SUPPOSED TO IN KARIMUN JAWA ISLAND) Yup, post sebelumnya udah gue kasih tau kalo penyeberangan ke karimun jawa dibatalin karena ombaknya konon sedang tinggi. yah, jadi kita mengalihkan tujuan perjalanan kita sekarang di Semarang. Not bad.. gue belum pernah ke kota ini juga sebelumnya. Untungnya, temen gue Bian, notabene pernah tinggal di Semarang, jadi sedikit banyak dia tahu kota ini.

Dan yang berkesan di kota ini adalah..hmm pertama..PECEL SIMPANG LIMA-nya enak banget..thx to Bian, dia merekomendasikan tempat itu. terus, kita juga ke, ups sebentar kayanya gue belum memperkenalkan peserta jalan-jalan kali ini. selain gue, ada Andika dan Anjar(Ajoy), mereka temen satu SMA. kemudian ada Omay and her boyfriend, Bian. mereka satu almamater kuliah di Unpad.

Sebenernya selama di Semarang, kita masih terus menggerutu sepanjang hari karena batalnya tujuan utama kita itu, Karimun Jawa. Damn, belom jodoh nih. tapi, yaudah secepatnya kita set supaya liburan kita jadi nggak basi. Malam harinya, kita putuskan jalan ke tugu semarang, dan berjumpalah saya dengan Lawang Sewu. Wow, mendengar cerita dan melihatnya langsung membuat penasaran ingin masuk malam itu juga, hehe tapi ternyata si Anjar berkelit dengan bilang gini, "hmm..kayanya kalo besok pagi lebih seru deh, malam-malam nggak keliatan kali", gue dan Ndik(Andika) bertatap pandang mengirimkan isyarat kalau kita mengerti sebenernya dia takut, haha.

Oke, akhirnya kita putuskan berkunjung besok pagi aja, sekalian jalan-jalan ke tempat lainnya dengan menyewa mobil. Esoknya, seperti yang sudah direncanakan, tujuan pertama kita adalah Lawang Sewu..

lawang sewu

Wow, klasik sekali tempat ini. Tempat yang dulunya adalah Benteng Belanda, yang juga pernah dipakai Jepang pada masa penjajahan. Dan terakhir digunakan pemerintah sebagai kantor pos,kalau tidak salah ingat. Benteng ini memiliki ruang bawah tanah, yang pada masa penjajahan digunakan Belanda dan Jepang sebagai penjara bawah tanah. Gila, itu yang namanya penyiksaan kayanya memang bener-bener  niat tuh.  Tempatnya bener-bener nggak berprikemanusiaan.

salah satu lorong di Lawang Sewu

oiya, gue baru tawu, kalo Lawang Sewu ternyata tempat sebagian besar syuting film Ayat- Ayat Cinta, haha.

fahri--fahri..he is gone

Dari Lawang Sewu, kita menuju Klenteng. Sebuat tempat ibadah komunitas Tionghoa. Klenteng ini besar sekali, sempat takjub ketika masuk ke dalam, luas sekali. Di dalam juga terdapat patung Laksamana Cheng Ho. Ngga perlu jauh-jauh ke Cina kalau cuma ingin dapat gambar seperti ini, haha

laksamana Cheng Ho

saya dan sang laksamana

selanjutnya dari situ kita ke Bandungan, disitu kata Bang Rio, temennya Anjar yang menjadi guide kita hari itu bersama istrinya, ada Candi Songo. Candi yang totalnya ada sembilan sesuai namanya, terletak di selatan kota Semarang, di Bandungan, Unggaran. Penempatan candi yang penempatannya unik banget menurut gue, ditempatkan menuju ke atas bukit (entah ada cerita apa). Pikiran konyol gue waktu itu, "buset nih di candi yang ke sembilan ada jubah Saint Saiya kali ya?"

Dan yak lo benar, kita nggak pernah ampai pada candi ke sembilan?haha..hanya sampai candi ke 5..hehe

cape yah?haha

ga ada kerjaan.."I wish i culd fly to reach the 9th temple" I said

see more photos

3 Comments