[tweetmeme source="farhanvsgnk" service="bit.ly" only_single=false]

resize cagar alam

In times like this, in times like those what would be, would be. And so it goes. (Jack Jhonson - Times like this)

Jack johnson is killing me. Rasanya damai sekali, di atas pasir bergradasi hitam putih di pulau Rakata duduk santai sambil disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari sini. Anak Krakatau mempesona saya.

1883 mungkin jadi tahun yang mengerikan bagi warga lokal. Ow tidak. Bahkan dunia pun merasakannya. Gunung Krakatau meletus. Letusan yang mampu menggetarkan dunia. Kiamat kecil,bahkan penduduk Batavia waktu itu menyebutnya. Dengan Volcanic Explosivity Indeks 6.5 dari skala 1-8, menempatkan letusan Krakatau sebagai letusan gunung berapi terbesar ke 5. Nomor satunya, masih milik Indonesia juga kok, letusan Gunung Toba dengan skala tertinggi 8. Menghasilkan Danau Toba.

Bekas letusan mengerikan gunung Krakatau bisa dirasakan sampai sekarang. Dari tempat saya sedang duduk sambil mendengarkan Jack Johnson sekarang ini,pulau Rakata, bisa dilihat dengan mata kepala telanjang sisa sisa letusan waktu itu. Yang paling jelas yah munculnya Anak Krakatau ini. Ada juga batu karang beberapa ratus meter dari Anak Krakatau yang cukup janggal, juga merupakan salah satu muntahan batu letusan Krakatau tahun 1883.

Tapi kali ini dia tidak sedang bermain dengan letusan letusan kecilnya. Dia tampak tenang sekali. Hanya semburan asap kecil yang keluar dari mulutnya. Tidak seperti sebulan yang lalu, ketika dia senang sekali bermain dengan semburan dan letusan kembang apinya. Sibuk mencari perhatian manusia. Kang Epoy seorang local guide menuturkan, hampir sebulan letusan-letusan kecil dan erupsi larva keluar dari anak krakatau. Menyajikan atraksi yang menarik bagi mereka warga lokal dan turis untuk datang. 'Wah mas, seru! Kayak kembang api. Bagus!'. Tutur salah satu local guide lainnya. Meski sepertinya tidak 'seseru' itu, karena tiap kali 'beraksi' letusannya mampu menggetarkan bumi,sampai ke daratan pantai Carita Anyer dan sekitarnya. Muntahan batuan-batuan vulkanisnya pun bisa segede gede gaban. Sayang sudah 2 minggu ini letusan anak krakatau berhenti. Saya tidak bisa menyaksikannya. Anak Krakatau Pulau Rakata, 04/05/09 08.05 wib

see more photos at here

1 Comment