Gerbang Keraton, originally uploaded by farhanvsgnk.

Hari Minggu (1/08) kemarin, saya nggak sengaja mengunjungi Keraton Kasepuhan di Cirebon. Ya, nggak sengaja karena memang tidak ada rencana sebelumnya untuk berkunjung ke sana. Kebetulan ada teman baik yang menikah di Cirebon dan saya diundang datang ke resepsinya.Tapi karena jeda waktu luang setelah resepsi kawan saya dengan jadwal kereta pulang masih agak lama, saya memutuskan untuk mengunjungi daerah wisata di kota udang ini. Dan direkomendasikanlah Keraton Kasepuhan ini oleh teman saya. Hmm..boleh juga pikir saya.

Sampai di Keraton Kasepuhan saya langsung bergabung dengan satu rombongan yang memakai satu tour guide dari Keraton. Tadinya mau jebe diam-diam, eh nggak taunya si tour guide sadar dan diingatkan untuk tidak lupa membeli tiket dan bayar sukarela untuk guide, :p.

Oke, dari awal masuk, Keraton ini terlihat tua sekali, dan sedikit tidak terawat. Dari cerita si guide, Keraton Kasepuhan dulunya adalah istana Kesultanan Cirebon, peninggalan Kerajaan Padjadjaran di bawah kepemimpinan Sunan Gunung Jati. Dan sampai sekarang pun masih ada Sultan/Raja yang bertahta di Kesultanan Cirebon ini, dan bergelar SE, Sarjana Ekonomi lho, sang pemandu bercerita.

Yang menarik dari kunjungan ke tempat seperti ini adalah, cerita-cerita di balik setiap barang atau peninggalan bersejarahnya. Beda dengan museum, ketika berkunjung ke situs bersejarah seperti Keraton adalah, beberapa peninggalan masih terletak persis sama seperti pertama kali ditemukan/berdiri. Dan setiap kali pemandu bercerita, saya seperti bisa memvisualisasikan cerita yang disampaikan dan merasa cerita itu hidup kembali di benak saya. Aaah..mejik lah!

Comment