Lampu belum menunjukkan warna merah, tapi beberapa motor yang ada di baris depan sekonyong-konyong melaju, bergerak dengan cepatnya melewati persimpangan jalan yang kosong di depannya.  Hampir saja saya mengikuti motor di depan saya, tetapi ketika lampu lalu lintas masih menunjukkan warna merah, "hey, it still red?!, cetus saya." Kemudian saya mulai berpikir, selain karena sikap tidak disiplin yang mungkin sudah bawaan lahir, kira-kira kenapa yah mereka secara berturut-turut mengikuti motor lainnya untuk menerobos lampu lalu lintas?

Saat ini saya masih berusaha keras menghabiskan membaca buku Connected yang dibeli kira-kira 3 bulan yang lalu. Di situ juga dibahas kekuatan komunitas di sekitar kita yang ikut berperan dalam proses pengambilan keputusan kita. Dijelaskan bahwa sebenarnya kita tidak pernah mengambil keputusan sendiri, pasti ada faktor lingkungan atau orang-orang di sekitar kita yang berperan mempengaruhi proses pengambilan keputusan.  Dan biasanya orang-orang yang mempengaruhi kita tersebut adalah orang-orang yang kita anggap memiliki persamaan dengan diri kita.

Tindakan gerombolan motor yang melanggar lampu lalu lintas itu saya rasa adalah salah satu bukti nyata penjelasan teori Connected di atas.  Keputusan pengendara motor yang mengikuti pengendara lainnya untuk melaju, saya rasa karena terpengaruh oleh sikap yang diambil 'sesamanya' (pengendara motor di lokasi tersebut).  Yang dimaksud sesamanya ini adalah, mereka yang memiliki karakter atau persamaan yang melekat pada diri mereka. Meskipun tidak saling kenal, tetapi mereka memiliki persamaan yang membuat mereka berani mengambil keputusan yang sama. Beberapa ciri-ciri yang melekat pada situasi tersebut mungkin saja adalah, pengendara motor, tidak suka menunggu, tidak disiplin, penghargaan terhadap hukum yang rendah, dalam situasi terburu-buru, tolol, dan lain-lain.  Jadi bagi mereka yang memiliki persamaan tersebut pada saat itu, pasti akan melakukan hal yang sama. Dan hal tersebut juga menjelaskan kenapa saya dan beberapa pengendara motor lainnya tidak ikut dalam rombongan tersebut. Karena beberapa ciri dalam dalam komunitas tersebut tidak melekat dalam diri saya.

 

 

Comment