Malam itu, ada beberapa senyum yang merekah di ruangan itu. Salah satunya di wajah seorang perempuan paruh baya berusia hampir setengah abad. Didampingi suami dan juga anak-anaknya, Ia terlihat sedang berbahagia. Oh, ternyata hari itu adalah hari ulang tahunnya. Anak-anaknya tahu sang ibu hanya punya satu permintaan sederhana di tiap hari ulang tahunnya. Berkumpul bersama keluarga. Dan malam itu, keinginannya terwujud. Ia asyik bercengkrama dengan suami dan anak-anaknya yang hari itu juga membawa teman istimewanya. Menikmati kue yang dibawa oleh salah satu anaknya, untuk disantap bersama. Meski sederhana, ia terlihat bahagia. Entah apakah ia pernah membayangkan hal ini di masa awal ia berkeluarga dengan suaminya.

Sayang, anak bungsunya tidak bisa berkumpul malam itu, hanya ada titipan hadiah yang disampaikan oleh teman istimewa si bungsu. Karena tepat esok harinya, si bungsu akan menghadapi ujian terakhir di masa kuliahnya. Sidang skripsi. Hari yang juga sudah ditunggu oleh perempuan paruh baya itu, melihat anak-anaknya menyelesaikan studinya. Baginya, melihat gelar sarjana yang tercantum di tiap belakang nama anak-anaknya merupakan salah satu impian sederhana lainnya.

Dan impian sederhananya kini telah terwujud. Hari ini si bungsu sudah dua hari resmi dapat gelar sarjana. Ia pasti bahagia.

Selamat ulang tahun mamski dan selamat juga atas kelulusannya bro @fairuzahmad

Comment