IMG_3695Ketika sarapan Gudeg Yu Djum dan di luar suara kelompok keroncong mengiringi.

Siang itu kita menghabiskan waktu ke Goa Pindul untuk cave tubing dan rafting di Kali Oyo. Menyenangkan sekali, ini pertama kalinya saya cave tubing ke dalam goa dengan banyak stalagtit di dalamnya. Indonesia punya banyak goa seperti ini, dan ini pertama kalinya saya caving? kalian boleh geleng-geleng kepala. Ceritanya sehabis cave tubing, kita juga rafting di Kali Oyo. Di situ kita menemukan satu spot di mana kita bisa terjun bebas dari atas ketinggian 6-7 meter. Di situlah kayanya awal mula rasa sakit di telinga yang tiba-tiba muncul, selain karena memang sebelumnya sudah agak infeksi akibat terlalu sering berada di ketinggian.

Saya nggak bisa berhenti menahan rasa sakit di telinga ketika turun dari gunung kidul. Belum pernah sesakit ini soalnya. Ditambah hari itu saya terlalu bersemangat sepertinya, tiga kali lompat gak berhenti! Alhasil sehabis makan malam, saya nyerah juga dan minta diantar ke UGD RS. Sardjito, hehe. Dapet oleh-oleh member kartu anggota RS Sardjito deh :p

Perjalanan ke Jogja kali ini adalah yang ke tiga kalinya, kalau tidak salah. Sempat tidak yakin ingin ke Jogja lagi, tapi akhirnya memutuskan untuk pergi juga. Ternyata bukan keputusan yang buruk, malah salah satu keputusan terbaik di awal tahun 2013.  Borobudur terasa lebih syahdu ketika kita menikmatinya dengan ditemani bau embun pagi, sambil membaca buku Lalita dan doa-doa dari para biksu yang sedang beribadah di Arupadhatu. Gunung Merapi yang timbul tenggelam dari balik jendela mobil di pagi hari, budaya keraton yang diceritakan dengan baik oleh keindahan Ulen Sentalu. Dan, santapan yang terasa lebih nikmat ketika dibarengi canda tawa Willy, Anid, Annty, Reza, Feisal dan Putra, dan teman-teman Parkour Jogja.

Perjalanan ke Jogja ini semakin menegaskan satu hal, traveling itu tidak melulu soal destinasi, tapi perjalanan itu sendirilah yang bisa menghasilkan cerita yang magis dan indah ketika kita tahu bagaimana harus menikmati perjalanan itu, dan dengan siapa kita melakukannya.

Cave Tubing-4Borobudur-13Ullen Sentalu

Comment