Akhirnya tahun ini kesampaian untuk menghadiri Songkran Festival di Bangkok. Sebuah festival tahunan di Thailand yang dilakukan setiap tanggal 13,14,15 April. Semacam perayaan tahun baru Thailand. Berawal dari tahun lalu, masih ingat waktu @myuts dan @lucianancy menghadiri festival yang sama, gue iseng bergumam "hmm.. kayanya tahun depan mesti ke sana!", and yes! baru satu bulan kemarin akhirnya confirmed beli tiket ke Bangkok, dengan @ayubski, @willyirawan dan menyusul secara impulsif @nidnod seminggu sebelum berangkat. Awesome! Songkran di Bangkok. Beberapa keramaian festival ini terlihat di hampir seluruh kota Bangkok. Di kota ini, perayaan dari tahun ke tahun mengalami 'modifikasi'. Dari yang hsnys melakukan ritual keagamaan dengan menyiram percikan air ke orang sambil mendoakannya, kini penduduk lokal dan sebagian besar anak muda di Bangkok merayakannya dengan lebih meriah, menjadikannya ajang pesta air 3 hari penuh. Terutama di pusat-pusat keramaian seperti Khaosan Road, Siam Square, Silom Road, Royal City Avenue dan beberapa tempat lainnya.

Di tempat-tempat tersebut, penduduk lokal dan turis saling menyemprotkan air ke orang yang ditemuinya dengan pistol air, ember berisi air es, memoleskan sejenis powder, membawa entah truk pemadam kebakaran atau truk untuk menyiram taman, bahkan sampai wet dance party berbagai club night. Kita berempat, bersama tiga traveler lain yang kita temui di hostel, Mat, Chriss, dan Carol juga @alderina mengunjungi beberapa tempat keramaian tersebut dan 'merayakan'nya dengan bermain air dengan bekal water gun. Seru! Dari pagi hingga malam badan basah dan kering bergantian.

Berbeda jika kita mengunjungi tempat-tempat suci masyarakat Thailand. Saya sempat mendatangi candi Wat Pho dan Wat Arun, salah satu candi Budha yang terkenal di bangkok, dan melihat bagaimana penduduk merayakan Songkran dengan nuansa religi yang lebih kental. Mereka tampak khidmat berdoa dan melakukan ritual-ritual keagamaan, seperti berdoa bersama biksu, menyiram patung budha, dan lain lain.

Silom Road

@nidnod, @ayubski and Carol

at BTS, wet people come and go haha

At Wat Pho

Dua hari berbasah-basahan dan satu hari menikmati Songkran dengan tubuh kering cukup bagi kami untuk mengatakan bahwa festival Songkran merupakan salah satu festival budaya yang menyenangkan. Di hari ke-empat kami pulang ke Jakarta, Bandung, Yogya, dan Balikpapan dengan senyum merekah. Dan kalian harus coba tahun depan!

Lihat foto-foto perjalanan lengkapnya di sini

Comment