Saya masih ingat reaksi banyak orang ketika menonton The Secret Life of Walter Mitty, semua langsung kebelet ingin ke Iceland. Tiba-tiba demam Iceland. Huft. Memang tidak dipungkiri waktu melihat landscape Iceland yang ditunjukkan itu memang luar biasa bagusnya. Tapi, kalau sampai menganggap kalau kita harus ke Iceland untuk mendapatkan sensasi melihat pemandangan seperti itu, kalian salah. Saya belum pernah ke Iceland, dan mungkin komentar saya tidak valid. Tapi menurut saya, pemandangan yang disuguhkan gunung Papandayan selama pendakian sungguh menakjubkan. Saya belum pernah lihat yang seperti ini. Saya menikmatinya.

Landscape yang disuguhkannya beragam, pertama kita akan diajak mendaki melewati kawasan belerang dengan dikelilingi bukit berbatu berwarna putih. Meski panas menyengat tapi pemandangan selama jalur ini indah sekali. 

Lalu kita akan dibawa menanjak melalui jalur menyusuri pegunungan. Nah di sini view yang ditawarkan gak kalah menarik. Kita bisa lihat pemandangan sedikit kota garut dari atas, melewati beberapa aliran mata air, sampai akhirnya sampai di check point ke-2. Di sini kita istirahaaatt! Ketawa-ketawa gak jelas sambil bertanya penuh harap, “Ini Puncak nih??” Dasar Pemula hahaha.

Dari pos ke-2 ini, sisa perjalanan ke atas itu cuma cerita tentang nafas yang mulai berat, banyak istirahat sambil sesekali mengintip pemandangan di sebelah yang bisa bikin hati adem sambil berharap nggak roboh di tengah jalan sebelum sampai tujuan.

Dan alhamdulillah sampe sodara-sodara! *langsung turunin ransel*

Di atas ada apa aja? Pertama jelas camping site. Kali ini beneran camping bukan glamping. Lalu nggak jauh dari situ ada Hutan Mati. Di sini pemandangan ke bawahnya juga bagus, meski agak creepy sih karena sepi (rame mah ke pasar).

Dan ini nih: Padang Edelweiss.. Dari dulu saya selalu penasaran dengan bunga ini, pernah lihat sih dari kakak sepupu saya yang suka naik gunung waktu masih kecil. Tapi belum pernah liat langsung di habitatnya. Ternyata kaya gini toh! Bagus!

Oh wait satu lagi.. ini yang paling pecah menurut saya! Sunrise di Papandayan! sepanjang hidup dan jalan-jalan saya, ini salah satu sunrise terbaik yang pernah saya nikmati. Matahari muncul perlahan diantara Gunung Cikurai dan Gunung Guntur. Gumpalan awan yang berjalan perlahan mulai memberikan jalan kepada sang surya. Pecah Jon!

Demikian cerita perjalanan kali ini. Maunya sih ini bukan jadi cerita naik gunung terakhir bareng anak-anak #XMHike, karena post event-nya masih berasa banget dan anak-anak juga mulai merencanakan trip hiking berikutnya. We'll see lah yah.. Sampai jumpa kawan!

1 Comment