Matahari masih menunjukkan sinarnya, tapi cahayanya kian memudar karena dalam hitungan menit akan berganti malam. Kami baru saja sampai di pos 2, jalur Senaru. Tidak ada rencana untuk bermalam di gunung hari ini, karena memang sudah dijadwalkan demikian. Kami berhenti sejenak untuk mengambil nafas dan menyiapkan headlamp. Sebelum melanjutkan kembali perjalanan, menuju gerbang senaru.

Sudah 3 malam kami naik gunung ini. Rinjani, nama yang indah bukan? Ya, seindah pemandangan yang disajikan selama saya dan kawan kawan melakukan pendakian ini. Tidak ada habisnya saya dipukau oleh keindahan Rinjani. Ini adalah perjalanan terbaik saya di tahun ini. Bahkan sebelum pendakian dimulai.

Hari Pertama, kita disuguhi padang savana yang sangat indah. Melalui jalur Sembalun, pemandangan di awal pendakian memang didominasi oleh padang savana. Belum pernah saya melihat Savana seindah ini. Karena kita baru berangkat jam 1 siang, kita akhirnya tidak bisa mencapai Pos 3 seperti rencana awal. Kita menginap di Pos 2, karena hari sudah gelap. Saat itu jam 7 kita sampai di Pos 2, sementara perjalanan ke Pos 3 masih 3 jam lagi.

Apesnya, tenda kita masih di bawah. Ternyata kita tidak kebagian porter, karena penuhnya pendakian hari itu. Dapat kabar kalau porter baru bisa berangkat besok subuh, menyusul kita. Jadilah malam ini kita tidur di pos, tanpa tenda. The good things are, it didn't rain and we can see so many stars while we sleep. Honestly, gue gak pernah lihat kumpulan bintang sebagus dan sebanyak ini. Gila sih, gak ngerti lagi ini keindahan langit di belahan tengah bumi Indonesia.

Hari ke-2. Nggak sabar melihat sunrise pertama di jalur pendakian Rinjani. WOW. Ternyata tempat kita menginap, pos 2 ini merupakan padang savana yang sangat indah. surprised!  Panca Indera plus kamera terpuaskan di sini, hehe.

Setelah selesai foto-foto sunrise, dapat kabar gembira kalau porter kita sudah hampir sampai di pos 2. Gilak cepet aja! haha.. sambil sarapan ringan, kita packing lagi dan melanjutkan perjalanan. Kali ini menuju Pelawangan Sembalun, camp site terakhir sebelum Puncak Rinjani.

Perjalanan sehari penuh ini kita lakukan dengan melalui sembilan bukit penyesalan. Disebut begitu karena memang banyak sekali bukit yang mesti dilalui, sampai kita berada di ambang penyesalan sudah naik, haha. Pendakian hari itu diikuti kabut yang terus menemani sepanjang perjalanan. Tipe jalur pun mulai berubah, dari Savana, perbukitan, sampai bukit yang cukup berpasir. Sesungguhnya, perjalanan mulai terasa berat tapi saya menikmatinya. No kidding.

see full picture in here