Roadtrip

Banyak catatan-catatan kecil selama roadtrip gue kemarin yang mau gue share di sini.  Mungkin akan sedikit berguna buat yang mau melakukan hal yang sama, siapatau bisa membuat perjalanan kalian lebih menyenangkan:

Rent A Car
Di Aussie, cara terbaik untuk roadtrip sepertinya memang lewat mobil pribadi. Kalau kamu rame-rame pakai camper van enak banget tuh! Tapi kalau cuma berdua kaya gue kemarin, dan nggak punya mobil pribadi atau mobil teman yang bisa dipinjam? banyak juga kok car rental atau tempat menyewakan mobil yang bisa digunakan.  Ada Budget,  Thrifty, Avis, Hertz, etc. Kebetulan gue pakai Hertz. Hertz punya website yang sangat memudahkan buat gue yang baru pertama kali mau sewa mobil di luar negeri. Gimana enggak? websitenya aja langsung keluar dengan pilihan bahasa Indonesia, kalau kamu browsing dari Indonesia.

Cara bookingnya juga gampang, dia hanya butuh masukkan data diri dan pesan sesuai waktu berangkat dan pengembalian. Oiya, lo bisa mengembalikan mobil di kota mana aja yang terdapat jaringan Hertz di Australia. Umumnya car rental di luar negeri sepertinya sudah punya sistem seperti ini.  Pembayaran sebenarnya bisa dilakukan dengan cash, tapi credit card sepertinya wajib dilampirkan sebagai jaminan pembayaran. Rate sewa per harinya sebenarnya tidak terlalu mahal, tapi karena gue memesan dengan jaminan full insurance buat mobil, biayanya jadi double. Tapi ini pilihan yang cukup bijak, mengingat kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti.

Have a Map, off course.
Tapi kalau nggak ada, ini tips dari temen gue, Daniel, yang ternyata berguna banget. Download apps Sygic. Mapsnya bisa didownload dulu dan bisa dipake offline. Jadi buat yang males beli data, bisa pakai cara ini.

Gas Station
Selalu perhitungkan kapan kalian akan mengisi fuel. Umumnya tiap kota yang kamu lewati ada gas stationnya. Hanya rentang waktu perjalanan antar kota itu harus kalian perhatikan sih. Repot yaaa kalau sampai habis di tengah jalan.  Anyway, karena trip ini, gue jadi tau rasanya self service gas station kaya gimana, haha.. kaya di film film yah... norak 

A Must Have Item: Local SIM Card
Bukan, yang ini bukan untuk kepentingan live tweet atau update foto perjalanan lo di Path. Tapi belajar dari pengalaman mobil gue yang stuck di antah berantah kemarin, sebaiknya lo beli sim card local di negara yang lo datengin. Kenapa? Karena penting banget buat nelfon di keadaan emergency. Se.ri.us.

For Australia, nomor Road Assistance yang harus lo simpan nih: 131703 (RAC)

Drive Safely
Ingat, lo bukan lagi di Jakarta! Nyetir gak bisa ugal-ugalan di sana karena speed limit di mana-mana, dan kalau lo coba coba melanggar, tiba tiba tagihan credit card lo nongol buat cover biaya tilang, hehe..

Be Flexible with Itinerary
Jangan terlalu banyak itinerary, enjoy tiap tempat yang lo kunjungi, karena banyak banget attraction yang bisa dinikmati. Dan lo nggak tau juga di jalan akan nemu apa kan? Bisa aja lo mau stay lebih lama di tempat tertentu atau sebaliknya, skip kota yang ada di plan.

Last, enjoy the scenic drive!

note: tulisan ini juga dipost di blog.brotrip.co

Comment